serunya mengetahui | A lifestyle blog

Branding of Blog | blogger seperti apa kamu?

10 komentar

personal branding

Assalamualaikum teman-teman…

Seorang blogger, tahukah kamu apa itu? Apakah itu adalah impianmu juga? Seperti impianku yang saat ini tengah memulai prosesnya dengan modal tulisan ambyar namun sedikit demi sedikit mulai diperbarui agar bisa bernilai dan nyaman untuk kamu baca.

Singkatnya Blogger juga seorang penulis ( writer) sama halnya dengan penulis-penulis lain. Perbedaanya adalah blogger menulis untuk dua audiens yaitu manusia dan mesin, sedangkan penulis hanya menulis untuk dibaca oleh manusia saja.

Begitupun media yang digunakan, jika para penulis menggunakan laptop sebagai media perantara membuat tulisan, maka seorang blogger selain membuat tulisan di laptop ia juga mempublikasikan tulisan tersebut di internet yang hanya bisa di akses oleh pengguna internet.

Branding of Blog adalah hal yang sangat penting ketika kamu sudah memiliki blog.

Sejak kecil aku memiliki cita-cita sebagai penulis, lebih tepatnya penulis fiksi seperti novel atau cerpen. Namun ketika dipertemukan dengan kelas blog, aku mulai belajar menulis non fiksi untuk melatih skill tulisan ini.

Jujur, menulis non fiksi tidak semudah menulis fiksi, ya meski semua bidang ada kesulitan tertentu. Menulis non fiksi, harus menyesuaikan dengan data-data dan informasi yang benar dan akurat untuk disampaikan kepada para audiens atau pembaca.

Branding Of Blog


personal branding

Bukan hanya sosmed yang harus memiliki Branding.

Salah satu tantangan menjadi seorang blogger adalah bisa membuat Branding untuk blognya sendiri agar orang-orang mengetahui blog tersebut dan mulai mengunjunginya. Tentu saja sangat penting membuat para pembaca merasa tertarik dan betah berlama-lama di blog yang kamu buat dengan tulisan yang sudah dipublikasikan.

Dan branding adalah solusi para blogger untuk menaikkan views dan membuat blognya dikenal oleh semua orang.

Sebelumnya coach Marita melontarkan dua pertanyaan yang cukup sulit jika harus dijawab secara spontan :

· Diri terbaik yang seperti apakah yang ingin dikenali dari diri kita?

· Sekarang ini bagaimana sih orang lain mengenali diri kita?


Pertanyaan tersebut tidak bisa kujawab secara spontan, karena ini berkaitan dengan Branding diri sendiri, yang artinya perlu pandangan orang lain untuk menjawab hal ini. dan jawaban mereka adalah jawaban dari pertanyaan kedua dari semua pertanyaanya.

Karena pengertian Branding adalah pendapat orang lain ketika berada dibelakangmu, bukan nilai yang orang berikan ketika ia berada di depanmu. Jadi kamu harus menunjukan yang terbaik agar branding dirimu juga tidak buruk.

Branding di Blog juga seperti itu, kamu harus menunjukan seperti apa sih blog yang kamu buat dan kamu ingin dikenal sebagai blogger yang bagaimana.

Menurut Parenthood Psychologist, Yuhaida Noor. Ada 6 langkah untuk membangun Personal Branding yaitu :

1. Kenali diri

Mengingat kembali apa tujuan kamu dalam membuat blog. Apakah kamu masih konsisten dengan tujuan tersebut? 

2. Berikan bukti

Jika kamu sudah sekonsisten dan sepassionate yang kamu harapkan, maka tentunya ada bukti nyata dari perjuangan itu. Salah satunya adalah postingan tulisanmu yang konsisten terpublish.

3. Temukan PDB (Positioning Differentation Brand)

Temukan perbedaan antara blogmu dan blog orang lain. Karena perbedaan itu akan menjadi ciri khas dirimu dan blogmu sendiri yang bisa dengan mudah dikenali oleh pembaca.

4. Optimalisasi sosial media

Karena blogger sudah bisa disebut sebagai influencer, maka optimalisasi terhadap sosial media sangat penting untuk dilakukan. Kenapa? Karena itu adalah cara terbaik untuk menampilkan dirimu adalah seorang blogger.

5. Kolaborasi

Ikuti berbagai komunitas dan event-event lainnya untuk memperluas wawasan dan pengalaman terkait dunia teknologi dan literasi agar lebih mengenal dan memahami keduanya. Atau kamu juga bisa menawarkan diri sebagai Guest post di blog seseorang/ membuat Guest post di blog sendiri.

6. evaluasi

jangan lupa untuk megevaluasi hasil dari semua pekerjaanmu ya. Periksa setiap akhir minggu untuk mengecek tulisanmu, apakah pembacanya meningkat? Atau untuk sosial media, adakah penambahan follower atau like dalam setiap postingan Brand mu? Cek itu.

Personal Branding Yuliayul


Blog yuliayul dibuat karena aku ingin mendapat hal baru disini. Meski kesulitan karena mulai mencoba menulis non fiksi tapi jika dijalani dengan semangat yang tinggi, Alhamdulillah aku berada dititik ini.

Temanku bilang jika untuk menentukan sebuah tujuan itu bisa sambil menjalani prosesnya, jadi semuanya mengalir saja. Sampai sekarang aku masih menjalani prosesnya dalam menulis di blog.

Kedepannya memang ada harapan-harapan yang kusematkan ketika blog ini telah sempurna. Motivasi-motivasi kehidupan ingin ku tuliskan di blog ini, namun dalam hidup aku masih belum bisa menjabarkan dengan jelas, motivasi seperti apa yang dibutuhkan oleh orang-orang.

Aku juga pecinta film termasuk drakor. Dan sinopsis film juga termasuk dalam daftar keinginanku untuk dituangkan di blog sederhana ini. 

Selain itu ada keinginan untuk menuangkan sebuah rasa kedalam bentuk tulisan. Aku ini termasuk 
orang yang sangat baperan, jadi jangan kaget jika suatu saat nanti kamu temukan curhatan unik tentang rasa.
Apapun hal baru, sebagai bahan belajar untukku dan untuk para pembaca lainnya juga menjadi tujuan blog ini. Hal baru dalam bidang apapun, sebagai informasi yang bermanfaat. 

personal branding


Mencoba untuk memperkenalkan diri kepada dunia bukanlah hal yang mudah. Apalagi untuk seseorang sepertiku yang mengaku sebagai Introvert.

Namun aku menikmati prosesnya. Dan aku mulai untuk belajar bagaimana cara menampilkan versi terbaik dari diri sendiri. Termasuk proses Branding of Blog ini.

Aku masih minim dalam segi pengalaman, dan aku juga kesulitan untuk melihat keindahan dalam setiap kejadian sehingga bisa dijabarkan dengan mudah dalam sebuah tulisan.

Namun itu adalah hal yang masih bisa diusahakan untuk diperbaiki dan dikembangkan.



Personal Branding is not about you, its about putting your stamp on the value you deliver to others

-William Aruda (Personal Branding Guru)




Yulia
Hallo semua, salam kenal dari saya. semoga kita bisa menjadi teman.

Related Posts

10 komentar

  1. Bagi aku sih menulis fiksi maupun non-fiksi sama sulitnya, wkwkwkw emang dasar akutu 😂
    Yeaayy, smoga sukses terus mba Yul dgn branding blognya 💪😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih bljar ko di fiksi wkwk.
      Makasih ka

      Hapus
  2. Semangat, jalan sukses luas terbentang.

    BalasHapus
  3. Semangat kak! Padahal nulis fiksi itu nggak gampang hehe
    Semoga bisa lebih rajin nulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka semangat juga branding 😁

      Hapus
  4. waaah aku malah belum pernah nulis fiksi mbak, suka bingung gitu mau menulis tentang apa kalau genre nya fiksi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga masih blajar buat bisa ka hehe

      Hapus
  5. Aku fokus sama templatenya, artistik sekali hihi suka. Aku malah pingin belajara nulis fiksi mbak yuli. Nulis fiksi rasanya masih polos. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe makasih ka.
      Aku masih blum handal kok fiksinya hehe

      Hapus

Posting Komentar