serunya mengetahui | A lifestyle blog

Resep pepes ikan yang bikin ketagihan | ayo coba.

16 komentar
Pepes ikan maknyus...


Hallo Ha…

Apa kabar Readers? Semoga sehat selalu ya, jaga kesehatan dan jaga pola makan. Apalagi si Covid belum juga hengkang dari bumi ini. Tapi dari musibah ini kita ambil hikmah nya saja daripada mengeluhkan kondisi yang entah sampai kapan akan normal kembali.

Kali ini aku ingin mengshare sebuah resep makanan, bukan resepe turunan keluarga kok, malah aku baru tahu cara olahannya baru-baru ini.

Kalian tahu ikan? Iya, hewan yang berenang dalam air dan memiliki insang di tubuhnya sebagai alat untuk mereka bernafas. Ikan juga kaya akan Protein, sehingga masuk dalam 4 sehat 5 sempurna. Nah, kalian suka makan Ikan dengan olahan yang bagaimana? Aku tahunya ikan goreng, ikan cobek, ikan presmol, ikan pinang dan pepes ikan. Kira-kira ada ikan apalagi nih di daerah kamu?

Nah, yang paling aku suka adalah pepes ikan. Kenapa? Karena empuk sampai ke tulang-tulangnya, eh enggak kayaknya, tulang ikan tetep keras si hehe. Tapi fakta bahwa kaya akan bumbu itu sudah tidak bisa di debat lagi. Selain empuk aku suka dengan rasa rempah-rempah yang menyelimuti tubuh si ikannya hingga meresap sampai ke bagian terdalam.

Resep Pepes Ikan ala guruku


Oh iya, ini resep dari guruku karena proses pembuatannya juga lagi di pondok Sukabumi, insha Allah nanti resep dari mamahku ku share, kalo gak lupa ya.

Oke sebelum kita masak-masak, kita perlu bahan-bahan untuk membuat bumbu pepesnya biar lebih maknyus. Simak di bawah ya…

Bahan utama :

- Ikan mas

- Daun pisang ( ini untuk pembungkusnya ya)

Bumbu pepes :

- Bawang merah

- Bawang putih

- Kunyit

- Kemiri

- Jahe

- Garam

Bumbu-bumbu ini kita ulek halus semua agar bisa meresap ke ikannya.

Pelengkap :

- Daun bawang

- Cabe

- Sereh

- Tomat

- Daun kemangi

Oke, jika semua bahan sudah terkumpul maka saatnya kita eksekusi ya ikannya.

Pertama, ikan harus di cuci terlebih dahulu agar bersih dan bau amisnya hilang, jangan lupa bersihkan sisik-sisik ikannya karena itu tidak enak kalau di makan. Lalu tumiskan bumbu yang tadi sudah di ulek, biasanya memang tidak perlu di tumis dan langsung di oleskan pada si ikan. Akan tetapi proses menumis ini kita lakukan agar bumbu tercium lebih harum dan tentunya lebih nikmat.

Biarkan bumbu matang sampai wangi terlebih dahulu, jika sudah cukup maka baru oleskan pada ikan yang akan di pepes. Proses mengolesi ikan dengan bumbu juga harus merata ya, oleskan bumbu sampai pada bagian terdalam ikan. Jangan lupa untuk memberikan penyedap rasa.

Oh iya, selama proses membumbui, jangan lupa panaskan panci atau apapun untuk bisa mengukus ikannya, jadi biar cepet aja ala ibu-ibu gitu hehe. Nah, sambil menunggu panci panas kita balik lagi ke si ikannya, jadi tinggal memasukkan ikan ke daun pisan untuk dibungkus. Tapi sebelum itu, kita beri beberapa hiasan agar tampilan dan rasa seimbang, sama-sama enak gitu.

Jadi kita tambahkan pelengkap (seperti yang sudah di tulis d atas ya) di atas ikan yang akan di bungkus, posisinya bebas kok. Pelengkap ini sebagai tambahan rasa saja, jika tidak sesuai dengan seleramu maka kamu bisa melewatkan bagian pelengkap ini.

Ok setelah pelengkap di tambahkan, maka bungkus ikannya dengan daun pisang ya. Kenapa daun pisang? Emm… kurang tahu juga sih tapi daun pisang sudah terkenal bagus untuk bungkus-bungkus makanan dari dulu hehe, eh pastikan daun pisangnya bersih ya.

Kalau sudah di bungkus, maka pepes ikan siap di kukus. Tunggu pancinya panas ya biar cepat juga matangnya. Kalau sudah panas maka masukan ikan yang sudah di bungkus ke panci pengukus lalu tunggu sampai matang.
pepes ikan

 
Sambil menuggu pepesnya matang, aku ada info nih tentang manfaat dari mengkonsumsi ikan, ayo simak dibawah ini.

Manfaat mengkonsumsi ikan


Selain lezat ternyata ikan juga mengandung banyak manfaat dalam kandungannya dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, di antaranya yaitu :

a. Melindungi fungsi penglihatan

Penglihatan sangat identic dengan penyakit kebutaan atau bisa disebut Degenerasi Makula. Biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usia di atas 60 tahun. Dengan makan ikan dengan teratur bisa meminimalisir penyakit tersebut untuk menyerang.

b. Membantu pertumbuhan tulang

Ya, konsumsi ikan memang disarankan untuk anak agar bisa mendukung asupan kalsium dan asam lemak baik bagi tubuh. Untuk pertumbuhan tulang dan gigi, anak-anak harus mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga proses perkembangan tubuhnya juga optimal.

c. Mencegah penyakit alergi

Jika hal ini sering terjadi, kamu sebaiknya juga rutin makan ikan. Ikan dipercaya mengandung long chain polyunsaturated fatty acids yang bisa mengurangi risiko alergi pernapasan (asma) atau pun dermatitis atopik.

d. Mencegah penyakit Alzheimer

Penyakit ini biasanya menjadi penyakit yang terjadi pada orang yang lanjut usia. Ya, menjelang usia 60-an, ada potensi terjadinya penyakit otak degeneratif yang menyebabkan seseorang kehilangan ingatan, koordinasi, dan keseimbangan tubuh. Makan ikan secara teratur bisa meningkatkan substansi abu-abu di pusat otak sehingga fungsi ingatan dan emosi tetap optimal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari mengonsumsi ikan. Ini haya sebagian kecilnya saja karena masih banyak manfaat yang lain dari mengonsumsi ikan ini. Eh pepesnya matang belum? Ayo angkat…



Yulia
Hallo semua, salam kenal dari saya. semoga kita bisa menjadi teman.

Related Posts

16 komentar

  1. kalau ada saudara-saudara dari luar daerah, salah satu penganan untuk mereka ya pepes ikan. Mereka bilang ikan di sini beda, katanya gurih, mungkin efek air nya yang masih jernih kali ya, juga bumbu-bumbu tradisionalnya yang sangat kental. maknyus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu pak Yo, semoga selalu terjaga deh ikan-ikan yang disini eh ikan di seluruh dunia ddeh, biar pas di olah jadi enak

      Hapus
  2. Aku udah habis makan, tapi laper lagi baca pepes ikannya mb yulia. Hmm...enak banget tuh ditambah daun kemangi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baunya kecium ampe rumah ya bund hehe

      Hapus
  3. sudah lama nggak makan pepes, susah nyarinya juga. jadi kangen makan pepes ikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah disana suda susah ya bund, daripada mencari mending bikin aja bund biar bisa membudidayakan pepes ikan hehe

      Hapus
  4. Wah, berasa lagi masak bareng sama Kak Yulia. Habis disuruh ngangkat pepesnya, tengok kanan kiri, kok nggak ada ya? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, bangun bund... mimpinya udahan wk

      Hapus
  5. bisa coba recook nih, tapi degdegan karena aku belum pernah bisa masak pepes wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain baca artikel ini, ajakin tetangga biar tambah recook hehe

      Hapus
  6. Wihiiii adek Yulia ternyata jago masak ya 🤩 semoga aku juga bisa praktekin resep ini!

    Btw aku ngakak poll pas baca part "kamu tau ikan?" 😂🤣

    Menghibur sekaliiii :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagi belajar ini, boro-boro jago wkwkw, memasak adalah salah satu PR terbesarku ka,

      Hapus
  7. Kak berapa jumlah bumbu yang dibutuhkan? Mau aku contek nih buat masak, kayaknya gampang. Pengen banget bikin pepes tapi belum jadi wae hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang pokoknya (kalo udah bisa heuheh) pake ilmu "kira-kira" aja ka, sesuaikan dengan banyak ikan aja..

      Hapus
  8. Wuaaa.. Pepes ikan. Pengen coba bikin pepes juga lain kali. Biasanya aku cuma masak ikan goreng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bund coba bikin, nanti kirim kesini ya hehe

      Hapus

Posting Komentar